Pawai Obor Semarakan 1 Muharam

Pawai Obor Semarakan 1 Muharam

Menyambut 1 Muharram atau Tahun Baru 1434 Hijriah, sejumlah warga Cianjur mengadakan pawai obor. Ribuan orang turun ke jalan untuk memperingati datangnya tahun baru Islam ini.

Seperti yang dilakukan warga Desa Maleber Kecamatan Karangtengah. Mereka terlihat begitu antusias mengikuti acara pawai obor yang digagas oleh Karangtaruna, PP PAC Karangtengah. Mereka rela berjalan sepanjang 20 kilometer untuk menyambut datangnya tahun baru dalam penanggalan Islam.

Ketua PP PAC Karangtengah Ace M Muslihat mengatakan, jika kegiatan pawai obor dilakukan rutin setiap tahun sekali. Selain menggelar pawai obor, pihaknya juga menggelar tabligh akbar.

“Biasanya, penyambutan tahun baru Islam selalu tidak antusias, berbeda dengan tahun baru masehi. Makanya, lewat kegiatan ini, kita coba kobarkan semangat dan mengajak umat muslim untuk menyambutnya dengan suka cita,” ujarnya.

Dikatakannya, kegiatan pawai obor tersebut diikuti oleh para pemuda serta para santri. “Kita berharap, nantinya bisa menumbuhkan semangat mereka dan lebih meningkatkan keimanan di tahun baru ini,” paparnya.

Selain di Karangtengah, pawai obor juga digelar oleh warga serta siswa-siswa MA Al Maa’uun, Kecamatan Mande. Humas MA Al Maa’uun Asep Saepurochman mengatakan, kegiatan tersebut digelar dalam rangka menyambut tahun baru Islam. Adapun rute awai obor yang dilakukan di Mande, dimulai dengan melitasi Kampung Babakan, Gandasoli, Pagutan hingga Jangari dan kembali ke sekolah.

“Kita ingin mengajak para siswa, atau generasi muda untuk lebih menyambut dan mengenal tahun barunya. Pawai obor ini, merupakan cara lain untuk mengajarkan mereka untuk lebih mengenal agamanya,” pungkasnya.(zul/rp1)

referensi: radarcianjur