Awi Orchestra Harumkan Cianjur

Awi Orchestra Harumkan Cianjur

Awi orchestra angklung SMA Muhamadiyah Cipanas harus menjadi kebanggaan bagi masyarakat Cianjur. Namun tak sekedar bangga tapi harus mendorong, bahkan membantu karena grup anglung ini punya pengalaman dan prestasi luar biasa.

Kualitas main angklung dan punya 40 lagu asal lagu pop, dangdut, barat dan sunda ini, cukup mendulang, pasalnya telah dipercaya oleh beberapa lembaga tinggi Pemerintah RI, seperti kementrian-kementrian RI untuk tampil dalam mengisi acara di jakarta. Bahkan baru-baru ini tampil di Hotel Borobudur Jakarta, dan tampil disejumlah tempat.

Malahan telah memecahkan rekor muri memainkan lagu terlama, bersaing dengan ITB, STSI Bandung dan grup angklung lainnya. Saat main tergantung situasinya, bahkan dapat menurunkan lapis satu dua dan tiga memainkan angklung, paling banyak 35 orang. Pengajar dan pelatih orchestra, Deni Heryadi mengaku telah banyak tempat yang dikunjungi.

“Grup orchestra ini punya SMA Muhammadiah dengan pimpinan KH Tohir Azhari, alamat Jalan Sukasari No 47 Cipanas,” jelas Deni, Senin (10/9).

Menurut Deni, pernah tampil juga saat rakerda pramuka Sejabar di Hotel Cianjur, sebelumnya tampil pada saat menyambut presiden pramuka se dunia Mr Jhon di luar kota. “Lucunya, bahwa alat-alat ini kami punya bukan bantuan dari pemerintah, tapi berkat bantuan teman-teman alumni, yang kebanyakan lulusan STSI Bandung,” ungkap Deni.

Kenapa semangat memainkan angklung dan terus menghibur, bahkan saat ini harus mengajar seribu tempat untuk dilatih angklung, jawab Deni, pihak sekolah ingin mendedikasikan pengabdian terhadap seni budaya. “Jadi kami ambil bagian untuk tanggungjawab,” pungkasnya.(tan)

sumber: radarcianjur
Kopi Aceh Gayo, Bukan Sekadar Nyeruput Kopi

Kopi Aceh Gayo, Bukan Sekadar Nyeruput Kopi

Jangan mengaku pecandu kopi jika belum pernah merasakan nikmat dan kedahsyatannya kopi Aceh. Aceh dari dulu memang terkenal sebagai salah satu penghasil kopi terbesar di Indonesia, dengan cita rasanya yang khas dan aroma yang kuat, seperti kopi Aceh Gayo.

Kopi Aceh Gayo merupakan salah satu kopi yang berbahan dasar kopi arabika yang sangat terkenal di daerah Provinsi Tanah Rencong dan termasuk kopi berkualitas nomor tiga di Asia. Kopi Arabika lantas diracik khusus ala Aceh dengan cara diseduh lantas disaring untuk mendapatkan sari kopi yang berkualitas dan kental. Kopi Aceh pada dasarnya sama dengan kopi-kopi pada umumnya. Namun, karena cara penyajiannya yang agak berbeda, kopi Aceh memiliki perbedaan rasa malah di dalamnya terdapat kandungan antitoksin, menambah stamina tubuh dan dapat mengencangkan kulit.

“Orang yang mempunyai penyakit jantung kalau menyeruput kopi aceh dalam keadaan pahit dapat menekan hipertensi atau tekanan jantung,“ kata pemilik warung kopi Aceh di pinggiran Jalan Raya Sindanglaya Cipanas Kabupaten Cianjur, Ami Erca (33) yang merupakan asli kelahiran Sigi-Pidi Aceh.

Dijelaskannya, untuk mendapatkan khasiat murni dari kopi Aceh. Kopi Aceh baiknya diminum pada saat masih panas dengan rasa pahit alias tidak dicampur gula. Karena campuran gula (manis) dapat melunturkan kadar nutrisi dari gizi kopi. “Selain itu, rasa asamnya tidak naik dan aman buat dilambung,“ tuturnya.
Menurutnya, Kopi Aceh Gayo yang asli Aceh dapat diracik atau dicampur dengan bahan-bahan lainnya seperti, kuning telor, pinang (Sejenis buah-buahan), ketan hitam, kedelai dan gula merah. “Tapi kalau di sini (Cipanas) rata-rata pembeli masih banyak yang meminta kopi asli tanpa campuran bahan lain,“ ujarnya.

Sekadar membagi tips cara mendapatkan cita rasa kopi Aceh saat diminum, katanya, pertama-tama kopi dicicipi satu sendok kemudian disambung dengan cicipan yang kedua untuk menghilangkan orientasi lidah dengan rasa kopi dan cicipan yang ketiga untuk mendapatkan rasa kopi itu sendiri. “Untuk mendapatkan kesempurnaan cita rasa, baiknya sebelum ditelan, kopi dikumur-kumur dulu dalam mulut lantas ditelan. Karena selama dikumur-kumur dapat memicu rangsangan saraf,“ tuturnya.

Ami menjelaskan, satu gelas kopi rata-rata dihargai Rp5ribu per porsi, dan kopi Aceh yang dijualnya merupakan kopi Aceh yang berasal dari Ulee Kareng dan Solong dari Banda Aceh. Selain itu, kita juga menyediakan kopi luwak seharga Rp30 ribu per porsi. “Kalau kopi luwak liar, dihargai Rp50 ribu per porsi,“ terangnya

Diakuinya, sepengetahuannya pedagang kopi Aceh warungan di wilayah Cianjur, masih terbilang langka. Namun, berbeda dengan daerah asalnya di Banda Aceh, dimana warung kopi banyak bertebaran dan mudah ditemukan. “Kalau di Aceh, kebiasaan meminum kopi sudah sejak dari masa kesultanan aceh. Bahkan sudah mengakar dikalangan masyarakat kelas atas hingga masyarakat biasa, “tuturnya.(des)

referensi: radarcianjur
Arena Fantasi Kota Bunga Cipanas

Arena Fantasi Kota Bunga Cipanas

Wisata Arena Fantasi Kota Bunga terdapat di Villa Kota Bunga, Puncak Desa Sukanagalih, Kecamatan Pacet, Cianjur, berupa arena bermain anak & keluarga.

Arena Fantasi adalah wahana bermain untuk anak-anak, berbagai permainan terdapat didalamnya seperti : Bumper car, Rio Grande / kereta mini, jet fighter, antique car, bumper boat, venture river, tic-tac wheel dll.

Buka hari Sabtu, Minggu dan hari-hari libur dari Pukul 08.00 s/d Pukul 18.00

Harga tiket masuk = Rp. 25.000,- tanpa permainan (usia >2 th bayar penuh)
Harga tiket terusan = Rp. 40.000,- (tiket masuk dan 11 permainan sepuasnya)

1) Bumper car – 2) Rio Grande / kereta mini – 3) Jet fighter – 4) Antique car – 5) Major orbit – 6) Lunar around (khusus anak-anak) – 7) Venture river / perahu dayung – 8) Tic-tac wheel – 9) Magic ring kuda – 10) Willy the whale – 11) Mandi bola (khusus anak-anak)

Permainan yang tidak termasuk tiket terusan,
1) Bumper boat = Rp. 15.000,- per orang – 2) Battery boat = Rp. 10.000 per coin – 3) Games = Rp. 3.000,- per coin – 4) Midway = Rp. 1.000,- per orang – 5) Sniper = Rp. 10.000,- per 30 butir peluru – 6) Fishy-fishy = Rp. 10.000,- per token.

referensi: kotabungavilla.com
Kota Bunga Cipanas

Kota Bunga Cipanas

Kota Bunga adalah suatu kawasan Villa Estate yang dibangun di lahan seluas sekitar 125 Ha. Pembangunannya dimulai sejak seputar Th. 1993 – an oleh Developer PT. Sarana Papan Eka Sejati yang bernaung dibawah Sinar Mas Group. Hingga saat ini jumlah Villa yang dibangun telah mencapai sekitar 2500 rumah.

 

Secara geograpis Kota Bunga berada di wilayah pegunungan Jawa Barat pada ketinggian lebih dari 700 meter diatas permukaan laut dengan suhu antara 25 – 30 derajat celcius, tergantung musimnya. Lokasinya ada di suatu lembah yang dikelilingi oleh gunung Pangrango, gunung Gede, gunung Baeud serta gunung-gunung kecil lainnya.

Alamat lokasi persisnya berada di Jl. Hanjawar, Desa Sukanagalih, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur – Jawa Barat.

Suplai air bersih berasal dari sumur-sumur Artesis (Deep Well) yang dibuat oleh Developer dimana pengelolaan selanjutnya ditangani oleh PDAM setempat. Sedangkan suply energi listrik berasal dari PLN dengan standard daya antara 1200 watt sampai dengan 2200 watt tergantung besar kecilnya rumah. Jika diperlukan bisa minta penambahan daya kepada PLN.

Disekitarnya terdapat tempat-tempat rekreasi lain yang jarak tempuhnya hanya beberapa menit saja dari Villa Estate Kota Bunga, seperti antara lain Kebun dan pabrik teh Gunung Mas Puncak, Kebun Raya Cibodas, Istana Cipanas, Taman bunga Nusantara serta beberapa kebun Strawbery dimana kita bisa memetik sendiri buahnya, dibeli dan dibawa pulang.

Diluar kompleks banyak terdapat penjual beraneka ragam tanaman-tanaman hias. Tidak sedikit para hobyist maupun para Landscaper dari Jakarta berbelanja tanaman disini untuk memenuhi kebutuhan proyek pertamanannya. Selain itu, penjual sayuran dan buah-buahan lokal juga banyak terdapat di sepanjang sisi jalan dekat kompleks. Bagi yang suka masak, hanya lima menit dari kompleks terdapat pasar traditional GSP. Selain beras, ikan, daging, ayam, sayuran dan buah, segala macam kebutuhan dapur bisa dibeli disini.

Bagi mereka yang senang wisata kuliner didalam kompleks maupun disekitar Kota Bunga terdapat banyak restaurant untuk masakan Sunda, Padang, Oriental Food, satai dan gulai kambing, bubur serta warung-warung nasi kecil lainnya. Sedangkan bagi mereka yang senang belanja pakaian, tidak jauh dari Kota Bunga terdapat beberapa Factory Outlet yang sangat besar selain didalam kompleks juga ada.

Dimusim-musim liburan panjang, lokasi ini banyak sekali dikunjungi pendatang, baik pemilik villa, penyewa maupun orang yang datang pulang hari. Management Kota Bunga mengadakan pertunjukan hiburan bagi para tamunya, seperti organ tunggal beserta dengan penyanyinya. Pada akhir tahun (setiap tanggal 31 Desember), dalam menyambut Tahun Baru, pada sore hari management merayakannya dengan mengadakan pertunjukan parade drum band, barongsay dll. Kemudian malam harinya di Little Venice, dilanjutkan dengan pesta mengadakan pertunjukan berupa band dan penyanyi-penyanyi terkenal dari Ibu Kota, pelawak, akrobat dan diakhiri dengan pesta kembang api tepat pada pkl. 00.00.

referensi: kotabungavilla.com, image: photobucket.com
Hotel Cianjur, Cipanas-Puncak

Hotel Cianjur, Cipanas-Puncak

Hotel Cianjur memiliki lokasi terbaik untuk menikmati keindahan alam puncak tanpa harus kehilangan kenyamanan kota. Dan nikmati pula kenyamanan fasilitas dan pelayanan terbaik Hotel Cianjur selama masa liburan maupun urusan bisnis Anda.

Terletak didepan Istana Presiden, Hotel Cianjur dekat dengan pusat belanja, factory outlet dan berbagai objek wisata seperti Taman Bunga Nusantara dan Taman Wisata Cibodas.

Hotel Cianjur membangun berbagai fasilitas hotel untuk menunjang kenyamanan Anda ketika menginap di Hotel Cianjur.
Anda dapat dengan bebas menikmati Kolam Renang Air Hangat. Anda dapat menikmati hidangan andalan Resturant Hotel Cianjur sambil memandang keindahan panorama puncak.

Kafe Cianjur adalah tempat yang paling pas untuk melepas sejenak kesibukan bisnis. Nikmati dengan santai berbagai makanan dan minuman sambil diiringi musik-musik berkelas.

Kafe Cianjur juga dapat dijadikan tempat pertemuan dengan partner bisnis Anda, atau tempat berbincang ringan dengan orang terdekat Anda yang paling Anda cintai.

Berikut informasi lainnya mengenai Hotel Cianjur, Cipanas-Puncak:

HOTEL FACILITIES

General 24-Hour Front Desk, Bar, Family Rooms, Garden, Newspapers, Restaurant, Safety Deposit Box,
Activities Fitness Center, Indoor Swimming Pool (all year), Karaoke, Sauna,
Services Ironing Service, Laundry, Meeting/Banquet Facilities, Room Service,

HOTEL POLICIES

Check In 14.00
Check Out 12.00
Parking Parkir umum gratis tersedia di hotel (reservasi tidak diperlukan).
Internet Wi-Fi tersedia di seluruh hotel.
Pets Binatang peliharaan tidak diperbolehkan.
Credit Cards Visa, Master card.
Hotel berhak untuk melakukan pra-otorisasi kartu kredit sebelum kedatangan Anda.
Children Extra Beds Semua anak di bawah umur 4 tahun menginap tanpa dikenai biaya dengan menggunakan tempat tidur yang sudah ada.
Kapasitas maksimal dari tempat tidur tambahan di kamar adalah 1.
Tidak ada kapasitas untuk tempat tidur bayi di kamar.
Tempat tidur tambahan adalah berdasarkan permintaan dan perlu dikonfirmasi oleh pihak hotel.
Biaya tambahan tidak akan dihitung secara otomatis dalam biaya total dan harus dibayar secara terpisah di hotel.
referensi: hotel-cianjur.com, yuktravel.com