Tias Wisata Cianjur

Tias Wisata Cianjur

Tias Wisata Cianjur berlokasi di Warung Jengkol, Rancagoong. Fasilitas liburan keluarga lumayan lengkap mulai dari kolam renang anak dan dewasa, karaoke dan tempat istirahat yang nyaman.

Dengan membayar sekitar 20rb/orang anda sudah dapat menikmati wisata keluarga di Tias Wisata Cianjur.

Dinginnya Air Kebun Raya Cibodas

Dinginnya Air Kebun Raya Cibodas

Salah satu sarana hiburan yang cukup menarik di Taman Kebun Raya Cibodas (KRC), Cianjur, adalah “jalan air” yang terletak di dekat air terjun Cibogo. Kendati setiap pengunjung harus menyingsingkan sebagian celananya ke atas. Namun obyek ini sangat menarik untuk dicoba. Tidak hanya anak kecil yang tertarik bermain basah-basahan di atas “jalan air” tersebut, kaum dewasapun banyak yang mencoba menginjakkan kakinya hanya untuk merasakan dinginnya air yang bersumber dari Gunung Gede-Pangrango.

KRC memang sangat cocok untuk menghilangkan kepenatan akibat banyak bekerja atau hiruk pikuk kota yang identik dengan keramaian dan debunya yang kurang sehat. Makanya, tak heran banyak warga kota besar seperti Jakarta, Bogor, Atau Bandung, sengaja mengunjungi KRC hanya untuk menghilangkan kejenuhan sambil liburan.

Di lokasi yang kini mengoleksi sekitar 200 tanaman jenis obat-obatan, 432 jenis tanaman anggrek, 100 jenis, dan masih banyak jenis lainnya ini, setiap pengunjung akan merasakan bagaimana sejuknya cuaca yang menghembus dingin, ditambah lagi dengan panorama alam yang dipenuhi oleh berbagai pepohonan.

Meski badan terasa dingin karena hembusan angin, namun kondisi itu seakan memberikan suasana baru pada diri kita, ditambah lagi suara air yang mengalir dan kicauan burung.

Menurut staf jasa dan informasi KRC Dwi Novia Puspitasari. Selain berfungsi sebagai kawasan konservasi, penelitian, dan pendidikan mengenai tumbuh-tumbuhan yang berasal dari berbagai negara. Kebun Raya Cibodas (KRC) juga berfungsi sebagai area untuk bermain (Wisata).

KRC yang berlokasi tepat dibawah kaki gunung Gede Pangrango Cipanas Kabupaten Cianjur, mempunyai luas areal sekitar 85 hektar dengan jumlah koleksi tanam-tanaman sekitar 6700 jenis tanaman.

Novi menjelaskan, selain berbagai jenis tumbuh-tumbuhan, KRC juga menyediakan berbagai wahana bermain, seperti jalan air, air terjun Ciismun, air terjun Cibogo, air mancur, taman sakura, taman amorphophallus, taman rhododendron, galeri tanaman hias, rumah kaca, dan kolam besar. “Untuk sarana pendidikan juga ada, seperti tempat penelitian atau laboratorium,“ katanya.

Dijelaskannya, KRC merupakan tempat untuk mendokumentasikan berbagai tanaman, baik dalam bentuk hidup (Tanaman) maupun mati (Herbarium), dan berfungsi untuk konservasi, penelitian, pendidikan, dan wisata. “Sekitar 70 persen wisatawan mengunjungi KRC rata-rata untuk berlibur ketimbang untuk melakukan penelitian atau pendidikan. Meski demikian, hal tersebut tidak mengurangi jumlah para peneliti atau yang pendidikan, “ujarnya.

Dwi menuturkan, dari sekian banyak wisatawan yang berkunjung ke KRC, biasanya mereka lebih suka mengunjungi area air terjun atau jalan air. Bahkan, tidak sedikit diantara mereka yang hanya duduk-duduk sambil menikmati pemandangan sekitar dan merasakan segarnya hembusan angin karena cuacanya yang dingin.(des)

referensi: radarcianjur
Curug Cikondang, Niagaranya Cianjur

Curug Cikondang, Niagaranya Cianjur

Curug Cikondang yang juga dikenal warga setempat Curug Terekel, merupakan salah satu air terjun cukup indah untuk dikunjungi. Curug Cikondang sendiri terletak di Desa Sukadana, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Curug yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter ini terletak diantara hamparan Kebun Teh PTP VIII Panyairan Campaka.

Untuk menuju kawasan curug ini, bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Lokasinya berada sekitar 50 kilometer dari pusat kota Kabupaten Cianjur.

Lokasi curug berada 895 meter diatas permukaan laut. Luas area keseluruhan curug mencapai 900 meter persegi yang terbagi menjadi lima teras yang semakin keatasnya semakin menyempit.

Curug Cikondang berdampingan dengan sebuah kawasan asri perkebunan teh. Namun, ada sebagian pengunjung cukup kesulitan menuju curug ini, kerena kurangnya plang penunjuk arah. “Terlebih karena rute nya yang menyulitkan dan minim petunjuk,” kata Kusnadi (28) salah seorang pengunjung ketika Radar Cianjur bertandang ke lokasi curug ini.

Curug Cikondang berdasarkan pantauan, ternyata bukan bentukan air mata asli, tapi lebih karena tumpahan sungai yang jatuh melalui tebing besar. Ukurannya terbilang sangat besar.

Deru air jatuhnya pun sangat indah. Sayangnya keindahan dimensi air terjun tidak dibarengi pengelolaan yang baik. Mungkin pemerintah setempat kurang peduli, karena curug ini sepertinya tidak layak jual.

Meski untuk masuk ke area curug ini setiap pengunjung harus bayar tiket sebesar Rp3000. Hal itu pula dikelola oleh warga lokal, sebagai usaha sampingan.(nag/den/tan/des)

referensi: radarcianjur
Bumi Perkemahan Mandala Kitri

Bumi Perkemahan Mandala Kitri

Bagi Anda pecinta camping, Bumi Perkemahan Mandala Kitri bisa menjadi pilihan yang tepat. Diresmikan pada tanggal 20 Juni 1981 oleh presiden kedua RI, Soeharto, sejak Februari 2006.

Kawasan seluas ±17 ha ini berubah nama dan status menjadi Mandala Kitri Scout Camp dengan status Otonom dan menjadi Badan Usaha Milik Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Cianjur (selanjutnya disebut MKSC).

Berlokasi di sebuah kawasan yang menjadi pintu masuk Kebun Raya Cibodas dan bersuhu udara sangat dingin, kawasan camping ini meliputi Kebun Raya Cibodas, Gunung Gede-Pangrango, Gunung Putri dan Gunung Gegerbentang. Bagi Anda penggemar kegiatan air, terdapat Sungai Cikundul dan Waduk Cirata serta sungai Citarum di mana Anda dapat melakukan berbagai kegiatan air (watersport).

Lokasi: Kecamatan Cipanas
Koordinat : 6 44′ 25″ S, 107 0′ 20″ E

Arah: 28 km dari arah Kota Cianjur, 114 km dari Kota Jakarta, dan sekitar 93 km dari Kota Bandung
Fasilitas: tapak kemah, WC, fasilitas, peralatan dan fasilitator outing

referensi: disbudpar.jabar
Arena Fantasi Kota Bunga Cipanas

Arena Fantasi Kota Bunga Cipanas

Wisata Arena Fantasi Kota Bunga terdapat di Villa Kota Bunga, Puncak Desa Sukanagalih, Kecamatan Pacet, Cianjur, berupa arena bermain anak & keluarga.

Arena Fantasi adalah wahana bermain untuk anak-anak, berbagai permainan terdapat didalamnya seperti : Bumper car, Rio Grande / kereta mini, jet fighter, antique car, bumper boat, venture river, tic-tac wheel dll.

Buka hari Sabtu, Minggu dan hari-hari libur dari Pukul 08.00 s/d Pukul 18.00

Harga tiket masuk = Rp. 25.000,- tanpa permainan (usia >2 th bayar penuh)
Harga tiket terusan = Rp. 40.000,- (tiket masuk dan 11 permainan sepuasnya)

1) Bumper car – 2) Rio Grande / kereta mini – 3) Jet fighter – 4) Antique car – 5) Major orbit – 6) Lunar around (khusus anak-anak) – 7) Venture river / perahu dayung – 8) Tic-tac wheel – 9) Magic ring kuda – 10) Willy the whale – 11) Mandi bola (khusus anak-anak)

Permainan yang tidak termasuk tiket terusan,
1) Bumper boat = Rp. 15.000,- per orang – 2) Battery boat = Rp. 10.000 per coin – 3) Games = Rp. 3.000,- per coin – 4) Midway = Rp. 1.000,- per orang – 5) Sniper = Rp. 10.000,- per 30 butir peluru – 6) Fishy-fishy = Rp. 10.000,- per token.

referensi: kotabungavilla.com